“Naked bike” – frasa yang sudah lama

“Naked Bike” adalah ungkapan yang muncul beberapa tahun yang lalu. Ini menggambarkan kategori mesin yang sebenarnya hanya besar, sepeda motor konvensional tanpa fairing atau plastik penutup. Apa yang istimewanya?

Biker Jepang memulai
Meskipun sepedamotor fairing yang kembali cukup istimewa pada tahun delapan puluhan, popularitasnya tumbuh dengan cepat dan menjadi pemandangan umum. Pengendara mencari individualitas ingin kembali ke “mesin logam nyata”, dengan penampilan yang sederhana dan dasar mereka. Bikers Jepang merubah mesin supersport mereka di awal tahun sembilan puluhan dengan menghapus fairing, pasang setang yang lebih tinggi dan membuat modifikasi lainnya. Para produsen segera mengakui ini sebagai tren baru dan motor yang diluncurkan seperti Yamaha XJR400 dan Suzuki Bandit 400 yang menjadi sangat populer. Model naked bike ini kemudian merambah Eropa beberapa tahun kemudian, dan produsen terkemuka meluncurkan berbagai macam motor naked bike besar.

Motor besar untuk Eropa
Yamaha XJR 1200 dan Suzuki Bandit 1200 adalah dua dari yang pertama naked bike besar yang diperkenalkan ke Eropa, dan mesin paling populer di kelasnya. Kemudian Ducati menciptakan konsep mereka sendiri dengan model Monster, dan sejak itu model lain mengikuti. Kawasaki awalnya meluncurkan model Zephyr mereka yang menampilkan lebih menekankan pada penampilan klasik, dan model ini diikuti oleh seri ZXR yang lebih sporty. Honda meluncurkan konsep naked-nya pada model X11 di Paris, dengan penekanan pada penampilan modern. Triumph membuat campuran antara streetfighter dan naked bike dengan model Speed Triple, dan BMW meluncurkan R 1100 R dengan mesin boxer baru dirancang sebagai konsep modern / tradisional lebih lanjut. Cagiva memperkenalkan interpretasi mereka sendiri melalui konsep Raptor yang jauh lebih sangat bergaya.

Hanya sepeda motor pola dasar
Dari sudut pandang teknik tidak ada yang luar biasa tentang naked bike.
30 tahun yang lalu hampir semua sepeda motor baru modelnya naked. Fairings dan clip-on setang untuk motor tersedia sebagai aksesoris, dan ini hanya ditemukan pada mesin-mesin khusus yang dimiliki oleh penggemar nyata. Dengan kemajuan teknologi, kinerja dan kecepatan tertinggi sepeda motor meningkat, dan produsen menyadari bahwa mereka harus menawarkan perlindungan angin. Pada awalnya beberapa produsen memperkenalkan setengah fairing pada mesin lebih cepat, dan ketika kelas supersport tumbuh pesat di tengah tahun delapan puluhan, fairings penuh mulai dipasang sebagai perlengkapan standar di segmen ini.

6 comments

Leave a comment