Motor seperti yang kita ketahui tidak akan selalu menjadi “motor yang kita ketahui”. Faktor teknologi yang terus berkembang, pengalaman berkendara akan berevolusi dan juga dorongan untuk membuat sang motor lebih mudah digunakan untuk rentang konsumes yang lebih lebar. Sistim teknologi mutakhir akan memulai merubah arti dari mengendarai motor.
Salah satu teknologi yang akan mengubah pengalaman berkendara yang sudah diminati pabrik motor dan diekspreminkan adalah sistim transmisi otomatis. Adalah perusahaan Biperformance Development Corporation (BDC) yang telah membuat sistim Transmisi Gigi Elektronik bernama ShiftFX yang direncanakan tidak akan dijual umum tapi dijual khusus ke pabrikan motor.
Yang membedakan sistim ShiftFX dengan sistim yang sudah ada seperti pada sistim DCT Honda adalah masih menggunakannya gearbox yang ada di motor dan tidak menambahkan kopling tambahan atau pompa hidrolis yang bisa menimbulkan beban parasitis. “Perbedaannya terletak pada custom case cover”, seperti dijelaskan oleh Dean Pick dari ShiftFX.
Sistim ShiftFX ini telah dicoba pada KTM Duke 690 dengan dipakai untuk menjelajah rute jalan perkotaan sampai ke jalan tebing. Dari percobaan tersebut masih bisa dijalankan programming supaya lebih baik. ShiftFX bisa jadi selling point bagi pengendara yang belum berpengalaman atau bagi yang sudah cape menggunakan tuas kopling menghadapi suasana jalan perkotaan, hanya dengan menekan satu tombol untuk memindahkan posisi manual ke mode otomatis, ShiftFX akan mengambil alih.
Sangar tenan mesine
LikeLike
sangar dan bisa metik juga semi metik, biaya apgretnya ngga mahal lhoo teknologi ini…. sekitar 5 poundsterling..ya kalau dirupiahkan anggap 1jutaan….warbiasyaahhh
LikeLike
5 pound? salah ketik tuh 😀
LikeLike
dari sumbernya begitu, bingung aku juga… 4.4 pound
LikeLike
ini bunyinya begini: “A handful of pieces make this all possible and add only 4.4 pounds. These include a gearbox control system, which directly rotates the shift drum; an active clutch, which uses a technology called shape memory alloy to control the clutch; and transmission control unit, which communicates with the throttle-by-wire system to manage things like rev matching. A mode switch and buttons—for shifting when in semi-automatic mode—are the only pieces that suggest something is askew, as the lever for the APTC+ anti-stall clutch remains (and can be used).”
LikeLike
Weh murah dong
LikeLiked by 1 person
4.4 pounds tuh beratnya bro, bukan harganya. masak iya harganya cuma Rp 77 ribu.
4.4 pounds = 2.2 kilogram.
wah enak nih motor batangan rasa metik, anti pegal mijit kopling.
LikeLiked by 1 person
sip makasih
LikeLike
Itu berat, nambah 4.4lb, sekitar 2kg.cmiiw
LikeLiked by 1 person
sip betul masbro..makasih
LikeLike
mntapp..sangarrr .
LikeLiked by 1 person
yup
LikeLike