KTM Duke 690 dengan teknologi perpindahan gigi elektronis – ShiftFX

shiftfx-electronic-shift-transmission-1

Motor seperti yang kita ketahui tidak akan selalu menjadi “motor yang kita ketahui”. Faktor teknologi yang terus berkembang, pengalaman berkendara akan berevolusi dan juga dorongan untuk membuat sang motor lebih mudah digunakan untuk rentang konsumes yang lebih lebar. Sistim teknologi mutakhir akan memulai merubah arti dari mengendarai motor.

Salah satu teknologi yang akan mengubah pengalaman berkendara yang sudah diminati pabrik motor dan diekspreminkan adalah sistim transmisi otomatis. Adalah perusahaan Biperformance Development Corporation (BDC) yang telah membuat sistim Transmisi Gigi Elektronik bernama ShiftFX yang direncanakan tidak akan dijual umum tapi dijual khusus ke pabrikan motor.

shiftfx-electronic-shift-transmission-2

Yang membedakan sistim ShiftFX dengan sistim yang sudah ada seperti pada sistim DCT Honda adalah masih menggunakannya gearbox yang ada di motor dan tidak menambahkan kopling tambahan atau pompa hidrolis yang bisa menimbulkan beban parasitis. “Perbedaannya terletak pada custom case cover”, seperti dijelaskan oleh Dean Pick dari ShiftFX.

Sistim ShiftFX ini telah dicoba pada KTM Duke 690 dengan dipakai untuk menjelajah rute jalan perkotaan sampai ke jalan tebing. Dari percobaan tersebut masih bisa dijalankan programming supaya lebih baik. ShiftFX bisa jadi selling point bagi pengendara yang belum berpengalaman atau bagi yang sudah cape menggunakan tuas kopling menghadapi suasana jalan perkotaan, hanya dengan menekan satu tombol untuk memindahkan posisi manual ke mode otomatis, ShiftFX akan mengambil alih.

ktm-690-duke-shiftfx-electronic-shift-transmission

12 comments

Leave a comment