Seting sokbreker depan Yamaha NMAX ala Ohlins dan YSS, lebih kental lebih enak!

Awalnya sokbreker depan Yamaha NMAX dirasa nyaman. “Tapi semakin lama bantingannya semakin keras,” gerutu Rio Emilio, salah satu pengguna Yamaha NMAX.

Biar makin nyaman, diseting ulang saja. Pria 36 tahun ini langsung ngacir ke markas Ohlins Indonesia di Jl. Cikini Raya, Jakpus untuk lakukan pengecekan sokbreker depannya. Setelah dibongkar, oli sokbreker depan NMAX yang odometer belum genap 1.000 km ini didapati keluar seperti air alias terlalu encer.

“Oli sokbreker yang paling baik adalah yang tingkat kekentalannya tetap konstan meskipun suhu di dalam tabung naik hingga 400 saat sokbreker bekerja,” buka Julfaisal, staf Service Centre, Ohlins Indonesia. Gantinya, pria yang akrab disapa Jul ini mengganti oli sokbreker depan dengan front fork fluid Ohlins.

“Lebih kental, viskositasnya 98,1 centiStokes (cSt),” beber Jul sambil menyebut harganya Rp 500 ribu dalam kemasan satu liter ditambah jasa pemasangan Rp 100 ribu.

Cara setingnya unik, teknisi Ohlins Indonesia ini terlebih dahulu mengisi penuh tabung sokbreker depan NMAX dengan oli baru. Kemudian dikurangi dengan cara disedot menggunakan alat khusus, untuk NMAX patokannya dikurang sampai oli mengalir sepanjang 70 mm di selang penyedotnya.

“Nah sisanya yang akan dipakai di sokbreker,” lanjut pria yang sering garap sokbreker balap ini.

Menurutnya komposisi ini paling pas diaplikasi pada NMAX dan merupakan hasil dari beberapa kali uji coba. Enggak hanya Ohlins, YSS juga menyediakan jasa custom sok depan NMAX.

“Kita ganti oli sokbrekernya pakai yang lebih kental dengan volume 75-85 ml di setiap tabung. Lalu sulingnya ditambahi satu lubang lagi agar sirkulasi oli jadi lebih bagus,” jelas Dwi Sulistyo Hartoni, kepala mekanik TDR Technology Center – Mitra2000 di Cakung, Jaktim.

Untuk paket ini, harganya dipatok Rp 250 ribu per motor. • (otomotifnet)

Setting Sokbreker Depan Yamaha NMAX
Oleh tim Ohlins dan YSS, oli sokbreker depan Yamaha NMAX dirasa terlalu encer
Setting Sokbreker Depan Yamaha NMAX
Pertama buang oli lama dan bersihkan. Bongkar total tabung atas dan bawah lalu bersihkan dan semprot pakai angin kompresor
Setting Sokbreker Depan Yamaha NMAX
Sebelum memasukan oli, ukur dulu batas maksimal sebagai patokan saat mengurangi oli. Panjangnya 70 mm dari pengunci tabung di bagian atas
Setting Sokbreker Depan Yamaha NMAX
Setelah diisi dan dibuang angin dari bagian bawah tabung, oli yang tersisa disedot sesuai dengan jarak 70 mm yang sudah ditentukan sebelumnya
Setting Sokbreker Depan Yamaha NMAX
Sediakan kocek Rp 500 ribu untuk menebus 1 liter oli Ohlins ini dan tambah jasa seting Rp 100 ribu. Oiya, 1 liter bisa untuk 4 motor. Beli dan seting ramai-ramai saja biar hemat!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: