Teknologi handling terbaru Mazda

1838358MAzda-GVC-1780x390

Tokyo – Mazda mulai memberikan detail teknologi pertama dari rangkaian inovasi SkyActive-Vehicle Dynamics untuk memperbaiki dan berhubungan dengan pergerakan serta pengendalian mobil.

Teknologi pertama dari seri itu adalah G-Vectoring Control (GVC), diklaim sebagai sistem satu-satunya di dunia yang mampu mengontrol torsi mesin dari masukan pergerakan setir. Intinya, teknologi ini mempertimbangkan mendistribusi bobot ban.

Keinginan pengemudi diterjemahkan dari pergerakan setir, lalu mobil dengan pintar menghitung algoritma lateral dan longitudinal yang dihubungkan dengan tekanan saat mobil akselerasi dan berbelok.

Mazda mengklaim, optimalisasi bobot pada masing-masing ban membuat mobil bertahan di ”garisnya” sesuai ”perintah pengemudi, sekaligus mengurangi koreksi pada setir. Ini juga yang membuat traksi pada masing-masing ban bikin pengemudi makin percaya diri.

Handling yang sangat baik ini akan sangat berguna saat mobil melaju di lintasan basah, bersalju, atau permukaan jalan yang kurang baik. Sebagai bonus, GVC juga berguna untuk membuat nyaman mobil saat pedal gas diinjak untuk berakselerasi.

GVC akan pertama diterapkan pada Mazda3 terbaru di Jepang. Lalu disusul Mazda6 di Amerika Serikat. Rentetan teknologi lain SkyActiv-Vehicle Dynamics akan menyusul dalam waktu dekat.

(kompasotomotif)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: