Berbagai macam tipe motor: SPORTBIKES, SPORT NAKEDS & TOURING part1

Bagi yang belum tahu , itu semua dapat sedikit membingungkan. Kita coba bahas biar lebih terbuka wawasan kita.

Adventure bike, Sportbikes, Cruiser, Dual Sports, Dirt Bikes dan Supermoto – kesemuanya adalah  beberapa dari banyak istilah yang digunakan saat menjelaskan motor yang ditunggangi .

Salah satu hal penting mengenai sepeda motor adalah bahwa perubahan dalam desain secara drastis dapat mempengaruhi macam motor apa. Hal ini telah melahirkan tidak hanya katalog aftermarket yang luar biasa untuk setiap sepeda motor di dunia ini , tetapi juga telah mendorong pabrik-pabrik motor untuk membuat sepeda seperti kita belum pernah lihat sebelumnya.

Sepeda motor asli pertama kali adalah sepeda dengan dipasangi motor . Pada tahun 1960 dan 1970-an , teknologi sepeda motor dan desain telah jauh berubah , tetapi kebanyakan sepeda motor tampak sama dan digunakan di dasarnya dengan cara yang sama. Di masa sekarang banyak sekali perubahan disain dan teknologi yang membuat bingung penamaan model/segmen-nya.

SPORTBIKES

Sportbikes dibuat untuk  ngebut di trek balap . Mereka memiliki posisi riding berjongkok atau terselip dan fairing untuk membantu melindungi pengendara dari angin pada kecepatan tinggi . Menggunakan clip -on bar , yang dipasang untuk garpu depan , dan memiliki kaki pasak tinggi. Juga biasanya memiliki motor dengan inline konfigurasi empat silinder , meskipun Ducati menggunakan silinder kembar , Triumph silinder triple , dan Aprilia suka dengan empat silinder dalam konfigurasi V.

sportbikes

Sportbikes dibagi menjadi dua kategori utama . ” Superbike ” digunakan untuk sepeda di kelas 1.000 cc , sedangkan ” supersport ” umumnya diperuntukkan bagi motor di kelas 600cc .

Contoh : BMW S 1000 RR , Aprilia RSV4 , Ducati 959 Panigale , Honda CBR600RR , Yamaha YZF – R1 , Kawasaki ZX – 10R , Suzuki GSX – R1000

 

SPORT NAKEDS

Sport nakeds atau street fighters adalah versi tida berfairing dari  sportbikes yang sering datang dengan ergonomi lebih nyaman . Sepeda motor ini bermesin cepat , teknologi mewah , dan suspensi dan rem sport , tapi lebih ditujukan untuk dikendarai sehari-hari daripada mencoba untuk mencetak rekor lap di trek.

sportnaked

Contoh: Ducati Monster 1200 R, KTM 1290 Super Duke R, Triumph Street Triple R, Kawasaki Z1000

 

TOURING

Motor Touring adalah sepeda motor besar, berat dengan mesin besar , perlindungan angin, dan bagasi untuk membawa barang bawaan anda. Pilihan Jepang dan Eropa menampilkan beberapa teknologi terbaik dunia yang ditawarkan, sedangkan opsi Amerika lebih memilih untuk menyelesaikan perjalanan dengan disain dan teknlogi yang kurang ubahan.

touring

Contoh: BMW K1600 GTL, Harley-Davidson Road Glide Ultra

Advertisements

2 responses

  1. Salam super

    Like

    1. ha ha…mesin besar2

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: