Berbagai macam tipe motor: SPORT TOURING, ADVENTURE TOURING & DIRT BIKES part2

Melanjutkan part 1, berikut model-model sepeda motor lainya setelah 3 buah model di part 1 (Berbagai macam tipe motor: SPORTBIKES, SPORT NAKEDS & TOURING part1):

SPORT TOURING

Motor sport touring menggabungkan kepekaan touring seperti ergonomi lebih nyaman dan bagasi dengan motor sporty yang besar . Mereka dirancang untuk kenyamanan berkendara jarak jauh, tapi juga masih bisa menikmati mengambil rute jalan jauh tanpa mengambil berlama-lama untuk melakukannya.

sporttouring

Ini adalah kelas yang terus berkembang dan berubah . Awalnya penuh dengan sepeda motor seperti Kawasaki Concours 14 dan Yamaha FJR 1300, namun akhir-akhir ini sepeda motor seperti KTM 1290 super Duke GT telah benar-benar mendorong sisi olahraga sport touring dengan mengurangi dimesi dan tenaga yang besar.
Ducati Multistrada , Suzuki V – Strom , dan BMW S 1000 XR termasuk dalam kategori sport touring . Mereka terlihat lebih seperti sepeda petualangan , yang memiliki suspensi kaku, sport berukuran roda , dan karet sporty yang membuat mereka lebih baik untuk melakukan jarak jauh cepat. Dengan masuknya BMW ke area inimembuktikan model sport touring ini , dengan penambahkan S 1000 XR dari model berbeda dari R 1200 GS.

Contoh: Aprilia Caponord 1200, Ducati Hyperstrada, Kawasaki Concours 14, Kawasaki Versys, Yamaha FJR 1300, Yamaha FJ-09, Suzuki V-Strom 1000

 

ADVENTURE TOURING BIKES

Cara terbaik untuk menggambarkan sebuah adventure touring bike adalah berupa sepeda motor trail raksasa yang dimaksudkan untuk perjalanan jauh dan mudah digunakan pada kondisi  off -road . Sepeda motor ini kebanyakan selalu berparuh dan dilengkapi dengan suspensi long travel, perlindungan kecelakaan , ban sport ganda , dan pilihan bagasi. Posisi riding yang tegak  membuat motor ini nyaman untuk jarak jauh , dan bar biasanya sedikit lebih tinggi sehingga dapat digunakan untuk berkendara berdiri.

ADVTOUR

Contoh: BMW R 1200 GS, Ducati Multistrada Enduro, KTM 1190 Adventure, Yamaha Super Tenere, Honda Africa Twin

DIRT BIKES

Sebuah DIRT BIKE adalah sepeda motorkecil , ringan dengan suspensi long travel dan ukuran ban ceking. Memiliki motor silinder tunggal dan biasanya ditutupi plastik berwarna cerah yang murah saat diganti dengan yang baru karena rusak saat jatuh.

DIRTBIKE

Contoh: Honda CRF250R, Yamaha YZ450F, Suzuki RM-Z450

Leave a comment