Perbedaan Honda Jazz GD3 Tipe VTEC dan i-DSI

Beda Tipe Honda Jazz VTEC dan i-DSI – Apa perbedaan tipe Honda Jazz VTEC dan i-DSI? Begitulah kira-kira pertanyaan yang sering diajukan oleh Honda Fanboy di beberapa forum mobil luar begeri maupun dari forum dalam negeri. Baik, untuk kesempatan kali ini Admin akan menjelaskan satu persatu perbedaan ini, khususnya di bagian engine bay.

Honda Jazz GD3 merupakan Honda Jazz edisi pertama yang dihadirkan di Indonesia sebelum adanya generasi penerusnya yaitu Honda Jazz GE8. Honda Jazz GD3 hadir dengan 2 varian yang berbeda, yaitu Honda Jazz GD3 yang bermesin VTEC dan varian lainnya yaitu Honda Jazz yang bermesin i-DSI.

qq

VTEC, merupakan singkatan dari Variable Valve Timing and Lift Electronic Control, yaitu teknologi pengatur valve yang dirancang oleh produsen Honda, hingga sekarang masih digunakan pada beberapa jajaran mesin Honda yang belum memiliki sistem i-VTEC. Keunggulan dari teknologi VTEC sendiri terletak pada kemampuan mesin yang bersilinder kecil saat menghasilkan tenaga yang hampir sama dengan mesin mobil yang bersilinder besar, di lain pihak juga memberikan konsumsi bahan bakar yang irit dan nyaman digunakan untuk harian.

42

Sedangkan i-DSI merupakan mesin hasil pengembangan terbaru dari Honda dengan desain yang compact ringan, compact, dan memiliki performa tinggi. i-DSI adalah mesin “seri-i” Honda yang kedua. Mesin i-DSI ini memiliki ruang pembakaran dengan dua busi pada tiap-tiap silinder. Sistem dual & sequential ignition berfungsi untuk mengatur waktu proses urutan pengapian dari kedua busi, yaitu pada langkah hisap dan langkah buang, berdasarkan pada kecepatan dan beban dari kinerja mesin. Pengaturan ini memungkinkan proses pembakaran yang menyeluruh serta momen puntir yang besar saat kecepatan rendah-menengah. Sistem ini menghasilkan keseimbangan yang tinggi antara penggunaan bahan bakar yang ekonomis serta tenaga yang responsif.

(topgir)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: