Mulai 2018, ABS Jadi Peranti Wajib di Setiap Motor yang Dijual di India, Indonesia Kapan?

peranti-abs-untuk-motor-buatan-bosch_20160504_162814

BENGALORE- Mulai tahun 2018 nanti antilock braking systems (ABS) akan diperkenalkan sebagai perlengkapan standar pada sepeda motor yang dijual di pasar India.

Pertengahan Maret 2016 lalu, PemerintahIndia secara resmi telah mengumumkan undang-undang tentang pemberlakuan ini untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor.

Data yang dilansir Kementerian Departemen Transportasi  dan Jalan Raya, sepanjang 2012 saja sekitar 36.000 orang mati sia-sia di jalan raya India akibat kecelakaan sepeda motor.

Angka ini menyumbang hampir 26 persen dari total kecelakaan lalu lintas yang terjadi.

Amanat untuk menggunakan sistem ABS sepeda motor menjadi kemajuan signifikan yang dapat membantu menyelamatkan nyawa masyarakat di India.

Estimasi berdasar hasil tim riset kecelakaanBosch, perusahaan produsen ABS menunjukkan, setiap tiga kecelakaan yang terjadi di sana, selalu berkaitan dengan sepeda motor. Kecelakaan itu dapat dihindari jika motor sudah menggunakan sistem ABS.

Kedepannya, teknologi ini juga bisa mengurangi kecepatan kendaraan saat tabrakan di tiap satu dari lima kecelakaan yang terjadi sehingga membantu mengurangi kondisi luka yang diderita korban.

Sejak 1995, Bosch memproduksi lebih dari dua juta unit ABS sepeda motor untuk kendaraan roda dua.

Pada 2015, Bosch memperkenalkan ABS sepeda motor generasi baru, ABS10 yang 30 persen lebih ringan dari pendahulunya, ABS9, dan dirakit khusus untuk digunakan di pasar negara berkembang.

Pemerintah India berharap keamanan berkendara akan meningkat dengan mewajibkan ABS sepeda motor pada kendaraan roda dua.

Manfaat ABS

Antilock braking system sepeda motor membantu pengendara untuk melakukan pengereman tanpa hambatan, sehingga mereka bereaksi lebih cepat dan lebih bertenaga.

Teknologi ini mencegah roda depan kendaraan terkunci saat melakukan manuver pengereman mendadak.

Dengan demikian, kendaraan roda dua menjadi lebih stabil dan menghindari pengendara dari kondisi berbahaya.

“Teknologi ABS sepeda motor, merupakan kunci penting untuk membantu meningkatkan kualitas hidup. ABS sepeda motor berpotensi mengurangi kecelakaan fatal yang berkaitan dengan kendaraan roda dua secara signifikan,” kata Sandeep N, kepala unit bisnis baru Bosch, ‘Two-Wheelers & Powersports’ di India.

sumber: TRIBUNNEWS.COM
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: