SMALL MPV MITSUBIHI EXPANDER MEMILIKI TENAGA HINGGA 118 HP

mex2

Otomekanik.ID berkesempatan untuk melihat langsung Small MPV Mitsubishi yang akan dirilis pada ajang GIIAS 2017. Mitsubishi telah membocorkan harga jual direntang Rp 189 – 246 juta.
Hampir semua media sangat penasaran dengan mesin yang digunakan, lantaran pihak Mitsubishi akan mengumumkan spesifikasi dan namanya saat launch mendatang. Tapi setidaknya, Small MPV ini akan mengadopsi mesin berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi MiVEC.


Jika ditilik, Mitsubishi memiliki mesin berkode 4G91 dengan kapasitas 1.499 cc. Teknologi MIVEC di mesin ini hanya ada di katup masuk. Berbeda dengan MiVEC di Lancer atau Delica yang mengatur waktu bukaan katup di intake dan exhaust. DOHC 16 valve dengan bore x stroke (75 x 84,8 mm), otomatis cocok untuk diadopsi pada Small MPV ini. Mampu menghasilkan tenaga 118 hp @ 6.000 rpm dan torsi 145 Nm @ 4.000 rpm dengan rasio kompresi 10,5 : 1. 
Komposisi itu akan dipadu dengan pilihan transmisi manual 5-speed dan Otomatis 4-speed dengan penggerak roda depan. Artinya data ini menganulir prediksi penggunaan CVT.


Dengan wheelbase 2.700 mm, otomatis Small MPV ini cukup nyaman, mengingat Avanza hanya mengadopsi 2.655 mm, Mobilio 2.650 mm, bahkan Grand Livina hanya 2.600 mm. Kondisi inilah yang membuat Small MPV diklaim tetap nyaman dan memiliki interior yang lebih lapang dari para pesaingnya. Bahkan ruang bagasi pun tergolong lapang.
Untuk suspensi, Mitsubishi mengklaim mengadopsi teknologi Lancer, meski Otomekanik.ID tidak menyakini hal ini lantaran suspensi belakang tetap menggunakan jenis beam seperti para kompetitornya. Ground clearance 205 mm membuat Small MPV ini sebenarnya akan menjadi lawan dari Honda BR-V yang memiliki ground clearance 201 mm ketimbang Mobilio yang hanya 189 mm.


Smart key dan pelek alloy 16 inci akan menjadi kelengkapan Small MPV Mitsubishi tipe termewah. Pelipatan bangkunya menyerupai Grand Livina yang mampu menciptakan lantai yang rata saat terlipat.

(Sumber: Otomekanik.ID /Dhany Ekasaputra)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: