Panduan Servis Berkala KTM Duke 250, Boleh Lebih Cepat

62777-panduan-servis-berkala-ktm-duke-250-boleh-lebih-cepat-1

Motor Austria buatan India ini lagi heboh. Tentunya karena harga jualnya kini makin hemat setelah muncul rencana akan dirakit di Indonesia. Sebelum meminangnya, pastikan tahu benar seluk beluk KTM Duke 250 termasuk biaya servisnya.

Kali ini kami paparkan panduan perawatan berkalanya. Siap-siap ke bengkel resmi ya! Meskipun pada buku servis jadwal penggantian oli dilakukan pada 7.500 km namun boleh lebih cepat.

62777-panduan-servis-berkala-ktm-duke-250-boleh-lebih-cepat-4

“Pemakaian dalam kota secara rutin sebaiknya lakukan penggantian oli tiap kelipatan 6.000 km, agar kualitas pelumasan tetap baik,” buka Jasin Jazid, Factory Head PT. Penta Jaya Laju Motor (PJLM) sebagai distributor resmi KTM. “Mesin butuh oli sebanyak 1,7 liter, jadi harus beli 2 botol tiap kali ganti,” jelasnya.

Komponen lain yang harus diganti adalah busi berlabel Bosch. “Busi direkomendasikan ganti tiap 15.000 km atau tiap 2 kali servis berkala,” papar Jasin.

Sedang saat servis rutin, jangan lupa busi dibersihkan kemudian setel kembali celahnya di angka 0,75 – 0,80 mm.

“Meski bisa dibersihkan dan disetel, tapi kemampuannya sudah enggak baik, makanya tetap harus ganti. Tetapi orang kita ini suka susah kalau suruh ganti, selama busi belum mati tidak mau ganti,” kekehnya.

Untuk filter oli diganti tiap 2 kali ganti oli mesin. Sedang filter udara diganti tiap tiga kali servis. “Filter udaranya menggunakan tipe kertas kering tanpa lapisan oli, sehingga masih bisa dibersihkan dengan angin bertekanan,” tutur Jasin.

Kampas rem diakui pria ramah ini memang lebih cepet habis karena non asbestos, “Yang uniknya malah lebih sering habis yang belakang karena habit orang Indonesia. Pihak Austria pun sampai bingung ketika kita order brake pad lebih banyak jumlah yang belakang,” ungkap Jasin yang berkantor di Ruko Green Lake Danau Sunter, Jakarta Utara.

Asyiknya, pada KTM Duke 250 tidak banyak ditemui gejala overheat, “Ini karena ada penyesuaian kembali pada fan cooling, pada versi sekarang bentuknya memang sama namun punya putaran rpm yang lebih tinggi sehingga lebih maksimal mendinginkan radiator,” yakinnya.

KTM juga punya diagnostic tools untuk sistem injeksinya, namanya XC1 Diagnostic Equipment. Alatnya seperti laptop dan software-nya punya masa expired.

“Namun pengecekan menggunakan alat ini tidak perlu dilakukan kalau motor tidak ada masalah atau error, karena untuk menggunakan alat ini akan ada tambahan jasa Rp 140.000 diluar jasa servis,” tutupnya. Yuk rajin rawat Duke 250. • (Fariz / otomotifnet.com)

Advertisements

2 responses

  1. Om, maaf banget kalau tiap sampeyan komen di blog saya selalu masuk spam sebab mulai bulan ini blog saya cpba tak bersihkan dari link-link. Mohon maaf bgt yaa…

    Like

    1. ya ngga masalah nasib namanya he he

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: