BMW Gunakan Serat Karbon untuk Rangka Motor

0035221BMWe780x390

Produsen kendaraan bermotor BMW (Bayerische Motoren Werke AG) berencana untuk memanfaatkan keahliannya dalam oengembangan teknologi. Kali ini terobosan dilakukan dengan pengolahan serat karbon pada industri sepeda motor di masa depan.

Bahan padat namun ringan ini kabarnya akan digunakan pada rangka sepeda motor. Saat ini, perusahaan asal Jerman tersebut merupakan perintis penggunaan karbon dalam kendaraan yang diproduksi secara massal, terutama pada produknya BMW i3.

Atas keberhasilan tersebut, BMW diperkirakan telah mencapai titik, di mana mereka mampu menghasilkan bahan ringan (serat karbon) cukup murah, untuk diaplikaskan dalam sepeda motornya, seperti dilaporkan Carscoops, Selasa (23/8/2016).

Biasanya, frame sepeda motor premium saat ini terbuat dari aluminium kekuatan tinggi untuk mengejar bobot ringan. Namun, dengan bahan baru berteknologi tinggi seperti serat karbon, BMW mengklaim mampu menghasilkan frame yang beratnya bisa lebih ringan, atau berkurang 40 persen, namun juga semakin kuat.

Dalam mengembangkan teknologi ini, BMW sudah mematenkan dua desain frame, untuk diaplikasikan pada sepeda motor yang berbeda. Desain pertama dengan desain eksotis atau disebut beam frame, dan akan digunakan pada superbike seperti S1000RR. Desain kedua, frame teralis, yang dapat digunakan untuk sepeda motor yang lebih terjangkau, dengan bentuk tabung berongga (hollow carbon fiber tubes).

KompasOtomotif.

Advertisements

6 responses

  1. carbpn fibre bisa di recycle ga ya? misal amit² motornya hancur klo yg bahannya besi/almu setidaknya di scrap masih bsa jdi motor lagi… klo carbon fibre?

    Liked by 1 person

    1. kita harus anggap sebagai logam, bisa patah, bisa remuk

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: