Goresan Desain Awal All New Honda CBR250RR, Keren Mana Sama Aslinya?

  • Konsep Desain All New Honda CBR250RR

  • Konsep Desain All New Honda CBR250RR

  • Konsep Desain All New Honda CBR250RR

  • Konsep Desain All New Honda CBR250RR

  • Konsep Desain All New Honda CBR250RR

Jakarta – Menurut Koji Miwa, Advanced Design Office, General Manager Honda Motorcycle R&D Center, tema desain yang diterapkan pada CBR250RR adalah “Speed Shape”. “Walaupun Anda belum menyentuhnya, Anda bisa merasakan sensasi performa yang menggetarkan,” terangnya. Posisi diam saja sudah terlihat kencang!

Menariknya, sebelum mendesain bodinya, tim develompent Honda justru menyiapkan dulu sasis yang ramping, ringan namun kokoh dan stabil. Termasuk penggunaan sokbreker depan up side down dan aplikasi swing arm aluminium. Setelahnya mesin juga dikembangkan dengan mendukung konsep total kontrol pada sasisnya.

Konsep Desain All New Honda CBR250RR
Justru sasis dan mesin dikembangkan lebih dulu.. Sebelum desain bodi dibuat

“Pengetahuan pada pengembangan mesin MotoGP RC213V kami gunakan untuk mewujudkan keringkasan yang menyeluruh hampir sama dengan kategori mesin satu silinder,” tutur Kenji Kawai, Large Project Leader Honda Motorcycle R&D Center.

“Dengan inilah body packanging CBR250RR terbentuk yaitu dengan menghubungkan kontrol tubuh pengendara, tampilan dan power unit yang saling terhubung dan saling mengimprove satu sama lain,” jelas Kawai.

Konsep Desain All New Honda CBR250RR
Demi membuat ujung jok yang ramping, rangka di bawah tangki dibuat menyempit dan memilih menggunakan down draft throttle body 

Jika diperhatikan, desainnya yang serba tajam memang menyiratkan kesan kencang, karakter yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Menariknya, tarikan garis bodinya dari depan sampai belakang terlihat konsisten, dan dimensi tiap bagiannya juga proporsional, sehingga dilihat dari sisi manapun tetap enak.

Di sisi muka ada day running light (DRL) di atas lampu utama fungsinya jadi satu dengan sein. Tambahan lain ada konsep layered cowl, sehingga di bawah seakan ada winglet ala MotoGP. Selain lebih keren, juga ada lubang untuk mengarahkan angin ke mesin, guna membantu pendinginan.

Gimana, lebih keren konsep desainnya atau setelah benar-benar terwujud?(Otomotifnet.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: