Kenyamanan suspensi dan jok motor

P_20160731_085107

Dua hal diatas ternyata menjadi faktor penting sekali untuk ukuran kenyamanan saat berkendara.

Perbandingan yang jelas ada pada Yamaha NMax, Honda Spacy dan Kawasaki ER6N yang ketiganya dicoba untuk kebutuhan antar jemput si bungsu dari daerah Paku Haji KBB ke SMA 19 di Dago Pojok Bandung.

Jarak pulang pergi dalam sehari kurang lebih 40km an dengan waktu tempuh 40 menitan rata-rata. Gaya berkendara tentu saja “terburu-buru tapi aman” untuk mengejar tidak telat.

Impresi nya sebagai berikut untuk kenyamanan shockbreaker: Yamaha NMax terasa reboundnya kurang (kaku), Honda Spacy paling kaku dan Kawasaki ER6N rebound nya mantab melibas jalan jelek tidak ada masalah mental ke pengemudi.

Untuk kenyamanan jok motor, sepertinya berkaitan dengan kenyamanan shockbreaker diatas juga. Otomatis jok Yamaha NMax yang sebetulnya cukup empuk menjadi seperti “agak keras”. Juga demikian untuk Honda Spacy termasuk kelompok jok “keras”. Nah beda dengan Kawasaki ER6N yang empuk.

Dari kedua hal diatas, dapat disimpulkan bahwa yang paling nyaman adalah ER6N baik di shockbreaker maupun joknya. Namun dengan pertimbangan lain dan tentu saja hasil ripiu alami alias komplen si bungsu, maka yang sering digunakan sang Yamaha NMax.

13 comments

Leave a comment