Modif iseng ringan – ganti shockbreaker belakang NMax pakai dari Vario150

Iseng dan penasaran dengan shockbreaker belakang bawaan NMax yang terasa “mantul-mantul”, setelah satu tahun shockbreaker NMax yang dirumah pernya diganti pake per Shogun SP orisinil Suzuki Genuine Parts (SGP).

Setelah meneliti model alur per dan diameter serta tinggi shocknya – MRW iseng mencoba shockbreaker ori Vario150 yang aslinya hanya sebuah dimotor Vario150. Shockbreaker Vario150 ini didapat seken seharga 150rb satunya dark teman yg apgret ke YSS dan dari OLX, keduanya baru pake sebulanan dan langsung diganti.

Singkat cerita terpasang sudah 1 pasang shock Vario150 ke NMax. Penampakkan menambah ganteng dan kekar buat sang NMax karena perbedaan bentuk per (diameter penampang per dan diameter lingkar lebih besar).

P_20160623_150857

Tadi sore MRW coba test ride dari bilangan Pasteur Bandung ke lingkar Nagreg PP – hasilnya secara keseluruhan gejala mentul yang ada di shock OEM NMax malah tidak muncul pada shockbreaker Vario150 yang sedang dipakai. Efek meredamnya terasa walaupun masih terasa kaku (shockbreaker baru 1 bulanan).

Diagnosa  MRW adalah di disain per yang modelnya mengerucut berlawanan arah antara per NMax dan Vario150. Yang per basaan NMax mengerucut keatas,sementara Vario150 mengerucut ke bawah sama dengan shock breaker motor pada umumnya.

Saat arah mutar balik dari lingkar Nagreg ke Bandung, RWB bisa mengeksplor shockbreaker percobaan ini dan dibawa gaspol disepanjang jalan bypass cicalengka – rancaekek – cileunyi – bypass sukarno hatta dna belok kanan ke arah kiaracondong. Impresinya stabil sekali dibawa kenceng-kencengan di 60-90kpj.

Hanya artikel ringan saja, biaya percobaan pakai shock Vario150 300rb+100rb ongkos pasang.

Tampaknya akan terus dipakai dulu shockbreaker ini sampai minimal 6 atau 12 bilan ke depan.

36 comments

  1. Kang mau nanya untuk postur se ane ini mendingan shock ori apa ganti ini ya? Ane tb 195 cm, bb 100an. Ane biasanya lewat jalan cor yg ga rata, badan kekocok kalo lewat kalimalang .

    Like

    • karakter shock bawaan begitu, saya sudah coba pake yg vario ini tdk mentul..cuma kurang empuk saja…tapi stabil (stiff) nya tetep dapet…kalau usia masih muda kuatlah pake yg vario150 ini, kalau sudah 40 keatas mesti lebih empuk he he…Kayaba Zeto banyak diripiu empuknya

      Like

Leave a comment