Sejarah T-Max: antara sepeda motor dan skuter

FmdFrançois-Marie Dumas, seorang penggemar skuter, penulis publikasi pada skuter dan sepeda motor dan konsultan untuk Perencanaan Produk Yamaha, terlibat dalam tahap awal T-Max untuk pengembangan konsep. Dia melihat sejarah skuter besar dan menarik kesimpulan: T-Max, yang pertama horisontal paralel twin 4-stroke yang pernah dibangun adalah sintesis dari skuter dan sepeda motor. Dia mengingatkan para insinyur untuk menggabungkan mimpi dua kategori dalam abad terakhir.

Anda tidak melihat tata letak mesin baru yang muncul setiap hari. Namun T-Max adalah motor pertama bermesin empat langkah paralel dan semi kembar horisontal yang pernah diproduksi secara massal. Desain skuter baru ini menawarkan beberapa keuntungan  seperti ketinggian yang sangat rendah. Sayangnya, jenis mesin juga cukup sulit untuk mengadopsi untuk chassis skuter, karena mesin 4-stroke mencakup pengaturan katup cukup besar. Jika seseorang menambahkan gearbox konvensional, wheelbase-nya menjadi terlalu panjang. Para insinyur Yamaha bertahan pada ide asli mereka menjaga desain partisi berat sama yang dengan sepeda motor. Mereka menolak cara mudah menggunakan konverter belt di dalam lengan ayun seperti untuk skuter kecil atau model kurang sporty dan mereka berhasil merancang sebuah variomatic ultra-kompak yang berbagi crankcase sama dengan mesin.

Konsep unik T-max
Sebagai mesin 4-stroke lama yang dipasang horisontal, masalah ini adalah kurang penting untuk 2-stroke dan sejarah penting beberapa contoh terkenal. Salah satu yang paling terkenal adalah skuter legendaris Italia Rumi Formichino (semut kecil) dari tahun lima puluhan. Rumi juga dilengkapi sepeda motor dengan mesin kembar. Beberapa merek lain juga telah memproduksi mesin horisontal kembar 2-stroke: MotoBi di Italia pada tahun 1952, dan, di Jepang Olympus dan Yamaguchi dengan 250 di tahun 1962 dan akhirnya Suzuki dengan mereka 90 Wolf dan 125 Leopard pada tahun 1969.

enginecut-big PS 03

Pengalaman pribadi
Petualangan pribadi T-Max dimulai ketika aku duduk sendiri di T-Max. Keajaiban, itu lebih baik daripada aku bermimpi. Untuk selera saya, kompromi hampir sempurna antara olahraga dan fungsi dan konsep sporty komuter yang sama sekali baru, mungkin yang terbaik Tourer ringan yang pernah dibuat dengan satu kegembiraan saya bayangkan tanpa pernah mengalaminya: perasaan yang luar biasa memiliki 40 HP dan transmisi otomatis … saya masih menikmati setiap lampu lalu lintas ketika tiga atau empat “Joe Bar Team” penggemar mencoba untuk mendapatkan posisi pole pada awal dengan mesin super Sport mereka dan sering kehilangan percepatan berjudi mulai.

sketches PS 12

Di bawah kain sporty, T-Max menyembunyikan juga merupakan Grand Tourer otentik, saya bahkan akan mengatakan salah satu Tourer cahaya yang terbaik yang pernah dibuat.perlindungan yang luar biasa, kenyamanan mutlak terutama untuk penumpang yang bahkan tidak mengeluh turbulensi udara yang buruk. Tinggalkan cepat jalan raya yang membosankan, T-Max fantastis untuk naik di jalan-jalan berkelok-kelok kecil, sehingga banyak sepeda, bahkan jauh lebih kuat, harus melakukan yang terbaik untuk mengikuti.

 

Advertisements

2 responses

  1. I don’t even understand half of what you’re writing on this page… -__-

    Like

    1. whh is that? the languange is Indonesian

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: