Sejarah Yamaha Tricity

ヤマハ #TRICITY 発表会

Yamaha Tricity adalah sebuah model  tilting three-wheeled motor scooter yang dibuat oleh Yamaha Motor Company.Pertama kali diperkenalkan di pasar Thai pada  April, 2014 yang kemudian diperkenalkan di  pasar Jepang di September, 2014., dan juga di beberapa negara Asia, Australia dan New Zealand juga di pasar Eropa di tahun 2015. Pada periode itu belum dirilis di Afrika ataupun Amerika. Model dengan mesin 155vv dijadwalkan dijual mulai September 2016.

Tricity dibuat oleh tim pengembangan Yamaha yang bekerja sama dengan insinyur balapKazuhisa Takano. Merupakan roda tiga pertama  Yamaha dan dibuat karena melihat kesuksesan  Piaggio MP3. Karena masalah hak paten, Yamaha tidak bisa menggunakan suspensi seperti mobil yang ada di MP3, yang akhirnya mengunakan sitim fork ganda yang sederhana. Yamaha merilis model pertamanya dengan menggunakan sistim rem UBS , dan pada 2015 kemudian diapgret ke opsi ABS. Model 2016 identik dengan model sebelumnya, tapi menggunakan mesin 155cc yang sudah dipajang di Osaka motorcycle show 2016.

Sejauh ini penjualan Tricity belum begitu sukses. Gagal di pasar Thai market dan di Jepang juga di Eropa. Di Philipina penjualannya lebih baik.

Tricity 155 mengombinasikan mesin Blue Core dengan desain eksklusif lean multi wheel (LMW/kendaraan roda tiga atau lebih yang bisa berbelok layaknya sepeda motor) untuk mencapai performa lebih besar sekaligus efisiensi bahan bakar.

Motor menggunakan frame baru dengan peningkatan rigiditas dan perluasan penopang kaki sehingga memberikan posisi riding yang nyaman.

Di bawah joknya, bagasi telah diperluas menjadi 23,5 liter serta terdapat kompartemen aksesori yang dilengkapi dengan soket listrik DC. Motor ini sudah dilengkapi dengan rem parkir.

Motor tiga roda yang diproduksi oleh Yamaha Motor Thailand itu akan dijual di Eropa mulai 4.499 euro atau sekitar Rp 68,8 jutaan.

Sehubungan dengan rencana dirilisnya Yamaha Tricity di Indonesia, akankah penjualannya sesukses Yamaha NMax yang secara harga dan fitur belum ada saingan ?

Yamaha Tricity VS Piaggio MP3 nih!

Contoh spesifikasi model 125cc tahun 2014

tricity

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: